Aplikasi Musik SoundTracking Dijejaring Sosial Untuk iPhone

Diposkan oleh radeon

Di era jejaring sosial sekarang ini, tidak sedikit yang rajin berbagi musik yang sedang didengarkan melalui Facebook atau Twitter. Pengguna biasanya hanya menulis judul lagu dan penyanyinya di status update.

Kalau di Twitter, biasanya menggunakan tagar #np atau #nowplaying dilanjutkan judul lagu dan nama penyanyinya. Agak merepotkan karena pada dasarnya dua layanan populer tersebut tidak memberikan fitur khusus untuk musik yang memudahkan untuk sharing. Lalu, muncullah ide layanan jejaring sosial khusus musik.

Salah satunya digarap oleh Apple lewat layanan yang diberi nama Ping. Sayangnya layanan tersebut kurang populer karena hanya bisa dipakai di negara tertentu saja yang telah mendukung layanan iTunes Music Store.

Apps Detail
File size : 8.8 MB
Category : Music
Requirement : iOS 4.0 or later.
Compatible with iPhone, iPod
touch, and iPad
Download : App Store
Price : Free
Publisher : Schematic Labs

Adalah Steve Jang, co-founder dan CEO Schematic Labs yang mencoba memberikan alternatif layanan musik sosial lewat SoundTracking. Berbeda dengan Ping, SoundTracking bisa dipakai di mana saja dan gratis. Di iPhone, aplikasi ini cepat meraih popularitas dan pernah terpilih sebagai “App of the Week” di App Store.

Hanya dalam jangka 6 minggu sejakdiluncurkan di ajang SXSW pada Maret 2011, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 250 ribu kali. Layanan ini menawarkan kemudahan berbagi musik yang didengarkan. Ketika pengguna mendengarkan musik di iPhone, aplikasi mendeteksi judul lagu dan penyanyi.

Pengguna bisa menambahkan foto, lokasi dan deskripsi jika diperlukan, setelah itu di-share di SoundTracking yang bisa juga diteruskan ke Twitter, Four- Square dan Facebook. Aplikasi dengan slogan “share the soundtrack to your life” ini konsep sosialnya menggabungkan FourSquare dan Instagram.

SoundTracking adalah layanan check-in musik, yang di dalamnya sesama pengguna bisa saling berinteraksi dengan memberi “like”, “love” dan komentar. Enaknya, kita bisa mendengarkan musik yang di-share oleh pengguna lain. Seru ‘kan?